Kemendag Tindak BUMN yang Sebabkan Harga Gula Naik Jadi Rp 17.000/Kg

Kemendag telah menindak PTPN II Sumatera Utara yang melelang gula di atas Harga Eceran Tertinggi sebesar RP 12.500 per kilogram.
Image title
28 April 2020, 15:17
BUMN, Kemendag, Perdagangan, gula
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/wsj.
Ilustrasi, pekerja mengemas gula pasir di gudang Bulog Medan, Sumatera Utara, Senin (27/4/2020). Kementerian Perdagangan menindak tegas BUMN PTPN II Sumatera Utara yang melelang gula di atas Harga Eceran Tertinggi sebesar Rp 12.500 per kilogram.

Kementerian Perdagangan atau Kemendag telah menindak PTPN II Sumatera Utara yang melelang gula di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 12.900 per kilogram. Akibat ulah BUMN itu, harga di tingkat konsumen mencapai Rp 17.000 per kilogram.

Ketua Satgas Pangan Brigjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga telah meminta Satgas di wilayah tersebut memastikan harga gula sesuai HET. Perusahaan pelat merah tersebut juga diminta untuk mengikuti peraturan pemerintah.

"Sempat kami police line. Kami sudah beritahu Kepala Satgas di Sumatera Utara untuk proses ini," kata Daniel di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (28/4).

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto pun menegaskan bakal menindak oknum yang menjual gula di atas HET. Ia bahkan telah membentuk tim pemantauan yang beranggotakan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, dan Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN).

(Baca: Meski Harga Gula Melambung Tinggi, Mendag Tak akan Naikkan HET)

Dengan demikian, harga gula pada konsumen dipastikan tidak melebihi Rp 12.500 per kg. "Dengan harganya yang tinggi, kami harus mengawasi. Para produsen agar menepati kesepakatan," ujar Agus.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), rata-rata harga gula pasir lokal di pasar tradisional pada Selasa (28/4) sebesar Rp 18.350 per kilogram. Harga gula pasir lokal tertinggi ada di Maluku Utara sebesar Rp 20.500 per kilogram.

Kemudian, harga gula pasir lokal di Sulawesi Tenggara dan Papua Barat masing-masing sebesar Rp 20.250 per kilogram. Sedangkan harga gula pasir lokal di DKI Jakarta sebesar Rp 19.150 per kilogram.

Lonjakan harga gula terjadi sejak akhir Januari 2020 hingga saat ini. Harga rata-rata gula di kisaran Rp 18 ribu per kilogram. Harga gula sempat dijual di bawah HET terakhir kali pada Mei 2019. 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait