DPR Desak Menteri ESDM Segera Tunjuk Dirjen Migas & Dirjen Minerba

DPR menilai sektor migas harus segera dibenahi. Di sisi lain, pembahasan RUU Minerba harus terus berjalan. Sehingga dibutuhkan pejabat ESDM yang definitif.
Image title
4 Mei 2020, 18:21
esdm, migas, dpr, minerba
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menteri ESDM Arifin Tasrif (tengah) memaparkan kinerja saat Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/1/2020). Anggota DPR mendesak Arifin segera menunjuk Dirjen Migas dan Dirjen Minerba.

 

Kementerian ESDM masih kekurangan pejabat untuk mengisi posisi Direktur Jenderal Migas dan Direktur Jenderal Minerba. Anggota DPR pun mendesak agar Menteri ESDM Arifin Tasrif segera menunjuk pejabat definitif.

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Rofik Hananto mempertanyakan sikap Arifin yang belum menunjuk Dirjen Migas. Padahal, proses uji kompetensi dan wawancara calon Dirjen Migas telah dilaksanakan sejak tahun lalu.

"ESDM sudah lama enggak ada Dirjen Migas definitif. Padahal banyak yang harus diselesaikan dan tidak kunjung dipilih," kata Rofik dalam Rapat Kerja Virtual bersama Menteri ESDM, Senin (4/5).

Advertisement

(Baca: Kementerian ESDM Ungkap 13 Isu Pokok dalam Pembahasan RUU Minerba)

Selain Dirjen Migas, dirinya juga mendorong agar Arifin segera menunjuk Dirjen Minerba. Sebab, DPR perlu membahas RUU Minerba dengan Dirjen Minerba.

"Kami lagi sibuk bahas RUU Minerba,  ini bisa pincang dan sempoyongan. Dua Dirjen penting hanya oleh pelaksana tugas," kata dia.

Seperti diketahui, Arifin hanya mengganti Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Migas dari Djoko Siswanto kepada Ego Syahrial yang rangkap jabatan sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM.

Menurut Ego, pergantian tersebut diperlukan karena masa tugas Djoko Siswanto sudah mencapai enam bulan. Di sisi lain, Djoko memiliki tugas sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN).

Sedangkan Bambang Gatot Ariyono baru saja pensiun dari posisinya sebagai Dirjen Minerba. Arifin pun menunjuk Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana yang rangkap jabatan sebagai Plt Dirjen Minerba.

(Baca: Harga Minyak Jatuh, Penerimaan Migas Diramal Tak Capai Target APBN)

Reporter: Verda Nano Setiawan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait