Diskon Listrik Mei Sudah Bisa Diakses Lewat Website & Whatsapp PLN

Layanan website dan Whatsapp PLN dikhususkan untuk pelanggan prabayar yang berhak mendapat diskon tarif listrik dari pemerintah.
Image title
14 Mei 2020, 18:10
diskon listrik, pln, whatsapp
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Ilustrasi, warga memasukkan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). PLN mengimbau pelanggan mengakses website atau layanan Whatsapp untuk mendapatkan diskon tarif listrik.

PLN memastikan penyaluran diskon listrik untuk Mei 2020 berjalan lancar. BUMN itu pun telah menyiapkan layanan Whatsapp dan website untuk menyalurkan stimulus tersebut.

Stimulus tersebut diberikan pemerintah untuk meringankan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. Terdapat empat golongan pelanggan yang berhak mendapatkan stimulus tersebut.

Pertama, pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA yang mendapat gratis tarif listrik. Kedua, pelanggan 900 VA subsidi yang diberikan diskon 50 persen. Diskon untuk kedua golongan pelanggan tersebut berlaku selama tiga bulan, terhitung April–Juni 2020.

Selanjutnya, pelanggan bisnis kecil (B1) dan industri kecil (T1) daya 450 VA yang berhak mendapat gratis tarif listrik. Stimulus itu diberikan selama enam bulan, terhitung Mei–Oktober 2020.

Advertisement

Bagi pelanggan pascabayar, diskon listrik langsung mengurangi tagihan rekening listrik Mei 2020. Sedangkan untuk 11,8 juta pelanggan prabayar, token listrik Mei 2020 bisa diakses melalui website www.pln.co.id atau layanan Whatsapp di nomor 08122-123-123.

“Kami mengimbau seluruh pelanggan prabayar yang berhak mendapatkan stimulus ini dapat mengambil tokennya melalui website ataupun layanan Whatsapp yang telah disediakan,” jelas Executive Vice President Corporate Communcation and CSR PLN, I Made Suprateka, dalam siaran pers pada Kamis (14/5).

(Baca: Menteri ESDM Pastikan Tak Ada Diskon Tarif Listrik Pelanggan 1.300 VA)

(Baca: Keluhan Listrik Naik, Ini Tarif Terkini & Cara Hitung Tagihan Pribadi)

Token listrik stimulus Covid-19 bisa didapatkan melalui website, dengan cara mengakses situs www.pln.co.id dan memilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon). Kemudian, pelanggan memasukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.

Setelahnya, Token Gratis akan ditampilkan pada layar. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk menyalurkan token diskon listrik kepada pelanggan. Pelanggan hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp, mengirimkan pesan ke 08122-123-123, lalu ikuti petunjuk yang diberikan.

Salah satu petunjuknya yaitu memasukkan ID Pelanggan. Kemudian, Token Gratis akan muncul pada layar ponsel. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN juga bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan. Dengan begitu, stimulus listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat.

“Kami akan terus memastikan stimulus listrik ini dapat diterima oleh masyarakat, sehingga dapat meringankan beban di tengah pandemi Covid-19 ini,” ujar Made.

(Baca: PLN Tak Mampu Diskon Tarif Listrik Pelanggan Nonsubsidi 900 VA ke Atas)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait