Garuda Indonesia Kandangkan 70% Pesawat Selama Pandemi Corona

Agatha Olivia Victoria
25 Mei 2020, 13:49
Garuda Indonesia, penerbangan, pandemi corona, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi, pesawat Garuda Indonesia. PT Garuda Indonesia Tbk menyebut hampir 70% pesawatnya diistirahatkan karena rute penerbangan berkurang imbas pandemi corona.

PT Garuda Indonesia Tbk mencatat hampir 70% pesawatnya dalam kondisi tak dapat terbang atau grounded. Sebab, rute penerbangan maskapai tersebut berkurang drastis akibat pandemi corona

Dengan kondisi tersebut, Garuda Indonesia fokus melaksanakan perawatan pesawat yang biasa disebut prolonged inspection. Perawatan dilakukan sesuai dengan kondisi masing-masing pesawat. 

Salah satu perawatan yang tak boleh terlewatkan yakni penutupan pipet pada mesin. Tujuannya, agar tidak ada partikel luar yang masuk ke bagian terpenting dalam pesawat terbang.

Perusahaan itu juga fokus pada pembersihan kabin pesawat. Kabin disemprot disinfektan untuk menghindari penyebaran virus. "Setelah 14 hari dibersihkan kabin dibuka agar udara masuk," ujar Direktur Teknik Garuda Indonesia Rahmat Hanafi seperti dikutip Katadata.co.id dalam akun Instagram resmi perusahaan pada Senin (25/5).

Tak hanya itu, perusahaan juga merawat kain pembungkus kursi pesawat atau seat cover. Kain tersebut dibersihkan guna menjamin kesehatan penumpang jika pesawat sudah beroperasi kembali.

(Baca: Garuda Minta Perpanjangan Waktu Utang Rp 7,5 T yang Jatuh Tempo Juni)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...