Pasokan di AS Meningkat, Harga Minyak Turun Lagi ke Level US$ 33

Image title
Oleh Febrina Ratna Iskana - Verda Nano Setiawan
29 Mei 2020, 09:13
harga minyak, amerika serikat
KATADATA
Ilustrasi, kilang minyak. Harga minyak kembali jatuh karena peningkatan pasokan di AS.

Harga minyak pada Jumat (29/5) waktu Indonesia kembali turun setelah naik hingga 2% pada sesi perdagangan sebelumnya. Hal itu dipicu peningkatan pasokan minyak di tangki penyimpanan Amerika Serikat.

Mengutip data Bloomberg pada hari ini pukul 08.08 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman Juli 2020 turun 0,60% menjadi US$ 35,08 per barel. Sedangkan, minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juli 2020 turun 1,10% ke level US$ 33,34 per barel.

Advertisement

Energy Information Administration (EIA) mengatakan persediaan minyak mentah AS naik melebihi ekspektasi menjadi 7,9 juta barel pada pekan lalu. Sebab, ada peningkatan impor yang cukup besar dari Arab Saudi.

Di sisi lain, permintaan minyak mentah masih rendah meski beberapa negara bagian di AS melonggarkan pembatasan di tengah pandemi corona. "Peringatan Hari Pahlawan pada pekan lalu tidak meningkatkan penggunaan kendaraan seperti yang diharapkan pasar," Market Analyst RBC Capital Christopher Louney dikutip dari Reuters pada Jumat (29/5).

Ke depannya, pasar bakal fokus pada pembicaraan pemangkasan produksi negara OPEC+. Organisasi tersebut rencananya bakal membahas rencana tersebut pada minggu kedua Juni 2020.

Arab Saudi dan beberapa anggota OPEC mempertimbangkan pemotongan produksi 9,7 juta barel per hari diperpanjang setelah Juni 2029. Namun, rencana tersebut berlum mendapatkan dukungan dari Rusia. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement