Antam Pangkas Belanja Modal Tahun Ini Imbas Pandemi Corona

Image title
11 Juni 2020, 15:52
Antam, bumn, emiten, pandemi corona, covid-19, virus corona, pertambangan, minerba
PT Antam Tbk
Ilustrasi, aktivitas peleburan nikel di pabrik feronikel PT Antam Tbk, Antam terpaksa memangkas belanja modal tahun ini karena pandemi corona memukul bisnis perusahaan.

PT Aneka Tambang Tbk atau Antam bakal merevisi belanja modal atau capital expenditure tahun ini. Keputusan itu diambil karena bisnis perusahaan terdampak pandemi corona.

Direktur Keuangan Anton Herdianto mengatakan perusahaan telah mengajukan revisi Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP). Namun, rencana tersebut masih menunggu persetujuan pemerintah sebagai pemilik saham mayoritas.

“Saat ini dalam proses persetujuan RKAP. Tetapi kami belum bisa mengungkapkan karena masih dalam proses,” kata Anton dalam Konferensi Pers secara virtual, Kamis (11/6).

Awalnya, perusahaan telah menetapkan besaran capex sebesar Rp 1,5 triliun. Namun, perusahaan harus mengurangi capex karena beberapa parameter, seperti kurs rupiah terhadap mata uang asing terutama dollar Amerika Serikat, harga minyak dunia, dan besaran inflasi.

Hingga kuartal pertama 2020,  Anton menambahkan, Antam sudah menggunakan belanja modal sebesar Rp 180 miliar. Ia memperkirakan, pengeluaran capex paling besar terjadi pada akhir kuartal kedua dan awal kuartal ketiga tahun ini.

Pasalnya, Antam bakal mendanai proyek pembangunan pabrik pemurnian atau smelter grade alumina refinery. Proyek itu berlokasi di Desa Bukit Batu, Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

Smelter itu bakal dibangun berkapasitas 1 juta TPA. Pabrik tersebut milik PT Borneo Alumina Indonesia, perusahaan patungan milik PT Inalum (Persero) dan Antam.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...