SKK Migas Targetkan 61 Pelaku Industri Baja Dapat Penurunan Harga Gas

Image title
Oleh Kurnia Togar P Tanjung - Febrina Ratna Iskana
16 Juni 2020, 12:25
SKK migas, migas, harga gas, industri
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, pipa gas. SKK Migas menargetkan 61 kontrak gas industri baja bisa mendapatkan penyesuaian harga gas pada bulan ini.

Pemerintah telah memutuskan harga gas untuk industri dan PLN maksimal sebesar US$ 6 per MMBTU. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas pun berupaya mengimplementasikan aturan tersebut. 

Senior Manager of Pipa Gas Monetization SKK Migas Syarif Maulana Chaniago mengatakan pihaknya berupaya menyelesaikan amademen kontrak jual beli gas. Salah satunya bagi industri baja. 

Menurut Syarif, pemerintah telah memutuskan ada 61 kontrak di industri baja yang akan mendapatkan penurunan harga gas atau sekitar 68 BBTUD. "Hingga saat ini, baru 25 kontrak yang sudah kami laksanakan. Sesuai arahan Pak Menteri, kami diminta menyelesaikan semua dokumen kontrak pada akhir bulan ini," kata Syarif dalam diskusi virtual pada Senin (15/6).

Adapun pelaku industri terus mendesak penurunan harga gas industri menjadi US$ 6 per MMBTU. Salah satunya industri baja yang bisnisnya saat ini terpukul pandemi virus corona

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Silmy Karim, mengatakan pemerintah perlu memperhatikan industri baja agar dapat mempertahankan kelanjutan bisnisnya setelah pandemi corona. Pasalnya, utilisasi produksi saat ini anjlok hingga 20%, sehingga pekerja di industri baja terancam pemutusan hubungan kerja (PHK)

"Hal itu sangat dibutuhkan dan memiliki peran yang penting bagi industri baja karena secara signifikan dapat menekan biaya produksi," kata dia.

(Baca: Serapan PLN Rendah, Lifting Gas Mei 2020 Hanya 5.253 MMSCFD)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...