AP I Catat Jumlah Penumpang Pesawat Terus Naik Sejak Normal Baru

Image title
18 Juni 2020, 07:20
angkasa pura, AP I, penerbangan, maskapai, new normal, bumn
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/pras.
Sejumlah calon penumpang mengantre dengan menjaga jarak fisik saat pemeriksaan dokumen perjalanan di Bandara Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan, Senin (1/6/2020). PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat peningkatan jumlah penumpang di era new normal.

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I mencatat ada peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Juni 2020. Hal itu terjadi karena beberapa maskapai penerbangan mulai kembali beroperasi saat new normal.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan pihaknya melayani 5.628 pergerakan pesawat dengan 222.040 penumpang dan 12,9 juta kg kargo di 15 bandara kelolaaanya dalam kuran waktu 1-15 Juni 2020. Trafik penumpang pada awal bulan ini menunjukkan peningkatan dibanding trafik pada Mei 2020 yang hanya sebesar 76.841 penumpang.

"Pada awal hingga pertengahan Juni 2020, indikasi peningkatan trafik penumpang sudah terlihat dibandingkan Mei 2020 di mana diberlakukan pembatasan transportasi,” kata Faik dalam keterangan pers, Rabu (17/6).

Pada periode awal Juni 2020, menurutnya, Bandara Sultan Hasanuddin melayani trafik penumpang tertinggi yaitu 53.940 orang dengan 996 pergerakan pesawat. Sedangkan trafik penumpang tertinggi kedua terjadi di Bandara Juanda Surabaya yaitu 50.261 orang dengan 886 pergerakan pesawat. Trafik penumpang tertinggi ketiga terjadi di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sebanyak 34.345 orang dengan 659 pergerakan pesawat.

"Bandara Sultan Hasanuddin Makassar melayani trafik penumpang tertinggi karena bandara tersebut merupakan bandara transit atau hub yang menghubungkan dengan bandara-bandara lain di wilayah timur Indonesia," ujar Faik.

Untuk mengantisipasi peningkatan trafik di masa new normal, ia mengatakan,  AP I telah melaksanakan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada para stakeholder bandara, dari mulai mitra bisnis hingga pengguna jasa bandara.

(Baca: Penumpang Dibatasi 70%, Maskapai Boleh Naikkan Harga Tiket Pesawat)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...