Pasokan dari AS Melimpah, Harga Minyak Turun Lagi ke Level US$ 37

Image title
18 Juni 2020, 08:45
harga minyak, amerika serikat, kilang, covid-19, virus corona, pandemi corona
KATADATA
Ilustrasi, kilang minyak. Harga minyak tertekan gelombang kedua virus corona dan peningkatan pasokan di Amerika Serikat.

Harga minyak dunia jatuh lagi pada perdagangan Kamis (18/6) waktu Indonesia karena kekhawatiran lonjakan kasus baru Covid-19. Selain itu, pasokan minyak mentah Amerika Serikat (AS) yang naik cukup tinggi juga menekan harga komoditas tersebut. 

Berdasarkan data Bloomberg pukul 07.37 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 turun 1,28% ke level US$ 40,19 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juli 2020 turun 1,69% ke level US$ 37,39 per barel.

Advertisement

Persediaan minyak mentah AS pada pekan lalu naik ke rekor tertinggi dalam dua minggu berturut-turut di kisaran 539 juta barel. Sebaliknya, stok produk distilasi turun setelah berminggu-minggu melonjak signifikan.

"Melemahnya harga minyak hari ini, tampaknya terkait dengan lonjakan stok minyak mentah dan kekhawatiran terhadap permintaan bahan bakar karena virus corona," kata Wakil Presiden Riset Pasar Gene McGillian di Tradition Energy, Stamford, Connecticut seperti dilansir dari Reuters pada Kamis (18/6).

(Baca: Harga Minyak Turun Lagi Dipicu Kekhawatiran Gelombang Kedua Covid-19)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement