Pertamina Minta Masyarakat Tak Khawatir, Semua Produk BBM Tetap Ada

Pertamina berencana mulai menjual BBM ramah lingkungan. Hal itu menimbulkan isu bahwa perusahan tidak akan menjual premium dan pertalite.
Image title
18 Juni 2020, 12:36
Pertamina, bbm
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Ilustrasi, petugas SPBU melayani pengendara di SPBU 34-16113, Cilendek, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/5/2020). Pertamina memastikan semua produk BBM masih tersedia di SPBU.

Pertamina meminta masyarakat tidak khawatir terkait ketersediaan bahan bakar minyak atau BBM di SPBU. Pasalnya, perusahaan masih menyalurkan bahan bakar sesuai penugasan pemerintah. 

Pemerintah memang mewajibkan Pertamina menyalurkan BBM jenis premium sesuai Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 Tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Bahkan perusahaan diberi penugasan dari Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas untuk menyalurkan premium dengan kuota sebesar 11 juta kiloliter (KL) pada tahun ini.

Selain premium, Pertamina menyediakan jenis BBM umum yang meliputi pertalite, pertamax, pertamax turbo, pertamina dex dan dexlite.

“Pertamina juga masih menyediakan pertalite di SPBU seluruh Indonesia. Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap menggunakan BBM sesuai kebutuhan,”ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam siaran pers pada Kamis (18/6).

Advertisement

(Baca: Daftar BBM yang Pernah Dihapus Pertamina Sebelum Premium dan Pertalite)

 

(Baca: Bantah Hapus Produk BBM, Pertamina Tetap Salurkan BBM Premium)

Di sisi lain, menurut Fajriyah, Pertamina dihadapkan pada regulasi lingkungan. Merujuk pada ketentuan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) No 20 Tahun 2017, disyaratkan standar baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor sesuai dengan standar EURO 4 sehingga BBM yang digunakan untuk uji emisi agar minimal mengikuti RON minimal 91 atau CN minimal 51.

Oleh karena itu, Pertamina terus mengedukasi dan mendorong konsumen agar beralih menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan. Hal tersebut sesuai kesepakatan dunia dan pemerintah di mana setiap negara berupaya menurunkan emisi karbon dan mengurangi polusi udara.

"Seperti yang sudah kita rasakan sejak PSBB, langit biru dan udara lebih baik, untuk itu kami akan mendorong masyarakat untuk menggunakan produk yang lebih berkualitas,”ujarnya. 

(Baca: Jika Mengacu Formula, Harga BBM Bisa Turun Juli 2020)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait