OPEC: Permintaan Minyak Mulai Naik Meski Pandemi Corona Belum Berakhir

Image title
18 Juni 2020, 14:33
OPEC, harga minyak, migas
Katadata
Ilustrasi, logo Organisasi Negara Pengekspor Minyak atau OPEC. OPEC memproyeksi permintaan minyak mentah pada semester kedua tahun ini akan meningkat dibandingkan enam bulan pertama pada 2020.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak atau OPEC memproyeksi permintaan minyak bakal meningkat pada semester kedua tahun ini. Meskipun, pandemi corona belum berakhir.

OPEC menyebut pada Rabu (16/6) waktu setempat bahwa permintaan minyak global secara perlahan mulai pulih setelah terpukul krisis virus corona. .Dalam laporan bulanannya, organisasi tersebut memproyeksi penurunan permintaan pada semester dua tahun ini hanya 6,4 juta barel per hari. Pasalnya, beberapa negara di Eropa dan Asia mulai melonggarkan pembatasan sosial meskipun jumlah pasien positif Covid-19 terus bertambah.

Advertisement

Sedangkan penurunan permintaan sepanjang enam bulan pertama 2020 telah mencapai 11,9 juta barel. Penurunan permintaan sepanjang semester pertama 2020 terjadi karena kebijakan karantina wilayah di sejumlah negara. Kebijakan tersebut termasuk pelarangan perjalanan dan kegiatan ekonomi yang bertujuan mengurangi penyebaran virus corona.

(Baca: Pasokan dari AS Melimpah, Harga Minyak Turun Lagi ke Level US$ 37)

(Baca: SKK Migas Proyeksi Harga Minyak Bisa Naik ke Level US$ 60 pada 2024)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement