WHO: Muncul Bukti Covid-19 Bisa Menyebar Melalui Udara

Image title
8 Juli 2020, 08:06
WHO, covid-19, virus corona, pandemi corona, kesehatan
ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay/AWW/dj
Ilustrasi, seorang warga menggunakan masker di London, Inggris, Minggu (7/6/2020). WHO mengakui ada bukti penyebaran virus corona melalui udara.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengakui "munculnya bukti" penyebaran Covid-19 melalui udara. Setelah para ilmuwan mendesak organisasi global itu memperbarui panduan mengenai penyebaran virus corona.

"Kami telah berbicara tentang kemungkinan transmisi melalui udara dan aerosol sebagai salah satu mode transmisi Covid-19," ujar Technical Lead Pandemi Covid-19 WHO Maria Van Kerkhove dikutip dari Reuters pada Rabu (8/7).

WHO sebelumnya menyatakan virus corona menyebar melalui tetesan air yang keluar dari hidung atau mulut orang terinfeksi. Tetesan air itu secara cepat jatuh ke tanah.

Namun, 239 ilmuwan dari 32 negara dalam surat terbuka kepada WHO yang dipublikasi dalam Jurnal Penyaki Infeksi Klinis pada Senin (6/7) menjelaskan, adanya bukti yang menunjukkan partikel virus dapat menginfeksi manusia yang menghirupnya. Itu lantaran partikel kecil yang dihembuskan dapat bertahan lama di udara.

Para ilmuwan pun mendesak WHO memperbarui panduan terkait Covid-19. "Kami ingin mereka mengakui bukti tersebut," ujar Ahli Kimia Universitas Colorado Jose Jimenez.

(Baca: Keluarkan Edaran, Kemenkes Atur Tarif Maksimal Rapid Test Rp 150 Ribu)

Lebih lanjut, Jiminez mengatakan, ilmuwan tak bermaksud menyerang WHO. Namun, para ilmuwan harus menyatakannya kepada publik karena WHO menolak bukti penyebaran Covid-19 melalui udara setelah banyak ilmuwan berbicara dengan mereka.

Dalam pertemuan di Jenewa pada Selasa (7/7), Technical Lead untuk Pengendali dan Pencegahan Infeksi WHO Benedetta Allegranzi menyatakan ada penemuan bukti transmisi virus corona melalui udara. Tetapi bukti itu tidak definitif.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...