Badan Geologi Temukan Potensi Migas Baru di 12 Wilayah Indonesia

Image title
8 Juli 2020, 15:39
esdm, migas, cadangan migas, eksplorasi migas
Katadata
Ilustrasi, blok migas. Badan Geologi Kementerian ESDM berhasil menemukan potensi migas baru di 12 wilayah kerja.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM berhasil menemukan potensi migas di 12 wilayah kerja. Penemuan tersebut merupakan hasil survei seismik yang dilaksanakan pemerintah di seluruh wilayah Indonesia.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Saleh Abdurrahman menjelaskan Indonesia memiliki 128 cekungan sedimen. Terdapat 20 cekungan sudah berproduksi dan 27 cekungan telah dibor dan ditemukan minyak.

Sedangkan 13 cekungan dibor tanpa penemuan minyak, dan 68 cekungan belum dieksplorasi. Sebagian besar cekuang tersebut berada di kawasan Timur Indonesia.

Pihaknya pun merekomendasikan 38 wilayah kerja migas untuk dieksplorasi lebih lanjut. Dari 38 rekomendasi tersebut, terdapat 12 wilayah kerja migas konvensional yang memiliki potensi sumber daya migas, di antaranya Teluk Bone Utara, Misol Timur, Atsy, Mamberamo, Boka, Buru, Aru-Tanimbar Offshore, Biak, Wamena, Sahul, Selaru, dan Arafuru Selatan.

(Baca: Pemerintah Diminta Sediakan Data Migas Berkualitas untuk Gaet Investor)

Saleh pun mengatakan pemerintah telah melaksanakan survei di beberapa blok tersebut dengan menggunakan data-data seismik 2D, Passive Seismic Tomography (PST), rembesan mikro, penelitian geologi dan geofisika, serta metode lainnya. Hal tersebut diperlukan untuk mengetahui potensi migas di wilayah kerja tersebut.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...