Pertamina Hulu Energi Mulai Kembangkan Lapangan KLD Blok ONWJ

Image title
16 Juli 2020, 11:04
pertamina, blok ONWJ, skk migas, migas
Katadata
Ilustrasi, ajungan migas lepas pantai. Pertamina mulai pengembangan Lapangan KLD Blok ONWJ.

Pertamina Hulu Energi atau PHE segera memulai pengembangan Lapangan KLD Blok Offshore North West Java atau Blok ONWJ. Proyek tersebut diharapkan menambah produksi migas perusahaan.  

Pertamina telah menyelesaikan tahap pabrikasi Anjungan KLD pada 15 Juli 2020. Anjungan tersebut mulai dirakit pada September 2019 oleh kontraktor EPCI PT Meindo Elang Indah di Handil-1 Fabrication Yard. Peralatan tersebut saat ini berlayar atau Sail Away menuju Lapangan KLD yang berada di lepas Pantai Utara Jawa Barat.

Advertisement

GM PHE ONWJ Cosmas Supriatna mengatakan perjalanan anjungan menuju lokasi pemasangan akan memakan waktu selama sekitar 10 hari. Sehingga diperkirakan pemasangan Anjungan KLD bisa dimulai pada Agustus 2020. Proses tersebut terdiri dari pile, jacket, dan topside termasuk boat landing anjungan.

"Kami berharap pengembangan lapangan KLD sesuai dengan timeline," ujar Cosmas dalam siaran pers pada Kamis (15/7).

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyampaikan apresiasinya kepada PHE ONWJ yang mampu menyelesaikan pengerjaan anjungan di tengah pembatasan mobilitas sebagai dampak Covid-19.  Terlebih lagi, proyek-proyek migas pada tahun ini menghadapai banyak tantangan, terutama terkait anjloknya harga minyak mentah dunia.

“Kami berharap capaian yang membanggakan ini dapat dikawal dengan baik agar memberikan dampak positif pada penambahan produksi migas dan dalam jangka panjang akan menopang upaya mencapai produksi 1 juta barel pada 2030," kata Dwi.

(Baca: SKK Migas Sebut Produksi Blok Rokan pada 2021 Naik Jadi 175 Ribu Barel)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement