KFC Gaet Perusahaan Rusia Produksi Nugget Ayam dengan Teknologi 3D

Cindy Mutia Annur
20 Juli 2020, 11:10
kfc, makanan, pangan
Katadata | Arief Kamaludin
Ilustrasi, gerai KFC. KFC menggandeng perusahaan Rusia untuk memproduksi nugget ayam dengan teknik 3D bioprinting.

Kentucky Fried Chicken atau KFC mencoba membuat nugget ayam tiga dimensi (3D) yang diproduksi di laboratorium. Gerai restoram ayam itu pun menggaet perusahaan Rusia,  3D Bioprinting Solutions, untuk mengembangkan teknologi 'pencetak' daging ayam, menggunakan sel-sel ayam dan bahan tanaman.

Salah satu pendiri 3D Bioprinting Solutions Yusef Khesuani mengatakan teknologi bioprinting tiga dimensi pada awalnya dikenal luas di dunia kedokteran. Namun, saat ini mulai populer dalam memproduksi makanan seperti daging.

"Perkembangan pesat dari teknologi tersebut akan memungkinkan kita mengakses produksi daging 3D dengan lebih mudah di masa depan. Kami berharap bahwa teknologi yang diciptakan sebagai hasil kerja sama kami dengan KFC akan membantu mempercepat peluncuran produk daging berbasis sel di pasar," ujar Yusef dikutip dari The Verge, akhir pekan lalu (18/7)

KFC mengatakan nugget bioprinted akan tersedia untuk pengujian akhir di Moskow pada musim gugur tahun ini. Namun, pengumuman itu tidak menjelaskan mengenai  proses bioprinting yang diuji di Rusia dan jadwal peluncuran produk nugget tersebut.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...