Harga Minyak AS Turun di Tengah Harapan Penemuan Vaksin Virus Corona

Image title
21 Juli 2020, 08:20
harga minyak, covid-19, virus corona, vaksin virus corona, pandemi corona
KATADATA
Kilang minyak. Harga minyak bergerak bervariasi pada Selasa (21/7) di tengah harapan penemuan vaksin virus corona.

Harga minyak dunia bervariasi pada Selasa (21/7) pagi waktu Indonesia. Hal itu dipicu lonjakan kasus baru Covid-19 di sejumlah negara, meski ada harapan penemuan vaksin virus corona.

Mengutip Bloomberg pada hari ini pukul 07.00 WIB, harga minyak Amerika Serikat (AS) atau West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Agustus 2020 turun 0,29% menjadi US$ 40,69 per barel. Sedangkan harga minyak jenis Brent untuk kontrak September 2020 naik tipis 0,32% menjadi US$ 43,26 per barel.

Advertisement

"Kemungkinan harga tidak menghasilkan keuntungan yang cukup besar dalam waktu dekat, sampai ada sinyal pandemi akan melambat," kata Kepala Pasar Minyak Rystad Energy Bjornar Tonhaugen dilansir dari Reuters pada Selasa (21/7).

Harga minyak dalam beberapa bulan terakhir terus tertekan lonjakan kasus Covid-19. Hingga saat ini, lebih dari 14,5 juta orang telah terinfeksi oleh virus tersebut, dan lebih dari 604.000 meninggal dunia.

Lonjakan kasus baru virus corona menyebabkan permintaan bensin di AS menurun. Padahal, permintaan bahan bakar minyak atau BBM sempat pulih dari penurunan 30% pada April 2020 setelah banyak negara memberlakukan karantina wilayah. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement