Tekan Impor Elpiji, Kementerian ESDM Dorong Hilirisasi Batu Bara

Image title
22 Juli 2020, 13:12
esdm, impor migas, elpiji, batu bara
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Ilustrasi, pekerja mengisi tabung elpiji 3 kilogram di Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (15/7/2020). Kementerian ESDM mendorong hilirisasi batu bara untuk menekan impor elpiji.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM terus mendorong hilirisasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME). Dengan begitu, pemerintah bisa menekan impor elpiji

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menyampaikan DME merupakan bahan bakar yang dapat menggantikan elpiji. Pihaknya pun telah menghitung kebutuhan batu bara untuk memproduksi DME.

Advertisement

Setiap enam juta ton batu bara yang diubah menjadi DME dapat menurunkan impor elpiji sebesar 1 juta ton per tahun. Adapun cadangan batu bara Indonesia mencapai 20 miliar ton.

Cadangan batu bara tersebut mayoritas mengandung kalori yang rendah. Sehingga tidak bisa dimanfaatkan oleh pembangkit listrik.

Oleh karena itu, pemerintah memanfaatkan batu bara kalori rendah menjadi DME. "Kita punya batu bara yang pemanfaatannya belum jelas, karena kalorinya terlalu rendah, untuk pembangkit listrik tidak masuk," ujar Dadan dalam konferensi pers secara virtual, (22/7).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement