Strategi Pangkas Biaya Berhasil, Freeport Kantongi Laba Rp 777 Miliar

Image title
24 Juli 2020, 15:52
freeport
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
CEO Freeport McMoRan Inc Richard C Adkerson menyampaikan keterangan dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (20/2). Freeport berhasil mengantongi laba bersi pada semester I 2020 sebesar Rp 777 miliar setelah memangkas produksi sekitar Rp 19 triliun karena pandemi corona.

Freeport McMoRan Inc berhasil mengantongi laba bersih pada semester I 2020. Hal itu tercapai karena perusahaan berani memangkas biaya sejak munculnya pandemi corona.

Laba bersih Freeport McMoRan pada paruh pertama tahun ini mencapai US$ 53 juta atau sekitar Rp 777 miliar. Jumlah tersebut lebiih baik dibandingkan kerugian hingga US$ 72 juta yang dialami perusahaan setahun sebelumnya.

Advertisement

Perusahaan asal Amerika Serikat itu memutuskan memangkas biaya hingga US$ 1,3 miliar pada awal tahun ini. Pemangkasan biaya tersebut termasuk pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan dan penundaan ekspansi proyek.

Pemangkasan biaya bakal tetap dijalankan perusahaan meskipun harga tembaga kembali naik. Freeport mencatat total biaya dan pengeluaran perusahaan pada kuartal kedua tahun ini turun 22% menjadi US$ 2,7 miliar.

"Kami tidak membuat perubahan terhadap rencana tersebut sampai kami yakin mengenai situasi pasar," kata Chief Executive Freeport McMoRan Richard Adkerson dikutip dari Reuters, Jumat (24/7).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement