Perlu Dana 1.983 Triliun, Pertamina Lanjutkan Rencana IPO Anak Usaha

Image title
27 Juli 2020, 13:49
Pertamina, bursa, saham, pinjaman
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati di Kementerian BUMN Lounge, Jakarta (12/12/2019). Nicke menyebut Pertamina bakal melanjutkan rencana initial public offering anak usaha di sektor hulu demi memenuhi kebutuhan dana untuk mengembangkan bisnis perusahaan.

Pertamina melanjutkan rencana initial public offering (IPO) anak usaha di sektor hulu. Meskipun, rencana tersebut ditentang beberapa kalangan termasuk serikat pekerja anak usaha.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menjelaskan perusahaan perlu pendanaan yang sangat besar untuk mengembangkan bisnisnya. Pencarian dana melalui mekanisme IPO dinilai lebih mudah dibandingkan menerbitkan surat utang atau mencari pinjaman.

Advertisement

"IPO lebih fleksibel dan nggak perlu kembalikan pinjaman. Ini yang melatarbelakangi untuk IPO," kata Nicke dalam diskusi secara virtual, Minggu (26/7).

Berdasarkan paparan Pertamina, dana yang dibutuhkan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya dalam enam tahun ke depan mencapai US$ 133 miliar atau sekitar 1.938 triliun. Dengan rincian, 47% dari dana internal, 10% project financing, 28% external fund, dan 15% equity financing.

Selain itu, mekanime melepas anak usaha melantai di bursa saham merupakan hal yang wajar bagi perusahaan multinasional. Apalagi,  Nicke menyebut, IPO subholding hulu migas bukan bagian dari privatisasi karena tak akan ada aset negara yang dilepas kepada perusahaan swasta.

Di sisi lain, Nicke menjelaskan mengenai restrukturisasi anak usaha. Menurut dia, restrukturisasi tak akan membuat hak pekerja berkurang. Perusahaan justru berencana meluncurkan program hak pekerja yang bisa diakses semua karyawan.

Nicke juga membantah restrukturisasi membuat bisnis perusahaan menjadi rumit. Menurutnya, restrukturisasi justru berdampak positif bagi bisnis hulu migas perusahaan .

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement