Anies Klaim Pemprov DKI Laksanakan 43.000 Tes PCR Dalam Satu Pekan

Image title
29 Juli 2020, 15:26
anies baswedan, jakarta, covid-19, virus corona
instagram.com/@aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies mengklaim jumlah tes PCR di ibu kota mencapai 43 ribu orang dalam sepekan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melaksanakan tes polymerase chain reaction (PCR) sebanyak 43.000 orang per satu juta penduduk dalam sepekan. Jumlah itu melebihi batas minimal Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sebesar 10.000 per satu juta penduduk.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut jumlah tes tersebut mencerminkan kondisi penyebaran Covid-19 di ibu kota. Sehingga Pemprov DKI bisa memetakan dan menekan penularan virus corona.

"Hasil yang positif ada 6,3%. Kalau tidak ketahuan, mereka akan menularkan kepada lebih banyak lagi," kata Anies dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu (29/7).

Lebih lanjut, Anies mengatakan penambahan kasus baru di Jakarta masih terus terjadi. Bahkan penambahan kasus hari ini mencapai 584 kasus baru.

Kendati terus bertambah, Anies mengaku sangat bersyukur dengan penambahan kasus tersebut. "Kami bukan mau menurunkan angka Covid-19, tapi kami menurunkan penyebarannya di Jakarta," kata dia.

Anies pun menjelaskan strategi Pemprov DKI Jakarta melawan penyebaran virus corona. Salah satunya dengan mencari orang-orang yang diduga terpapar virus tersebut atau active case finding.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...