Jelang Idul Adha, Pertamina Jaga Pasokan BBM dari Kilang Cilacap

Image title
30 Juli 2020, 16:00
pertamina, kilang, bbm
Katadata
Ilustrasi, kilang Cilacap. Pertamina jaga pasokan Kilang Cilacap untuk menjamin suplai BBM di Pulau Jawa.

Pertamina Refinery Unit IV Cilacap menjaga suplai bahan bakar minyak atau BBM tetap aman jelang Idul Adha 1441 Hijriah. Kilang terbesar yang dimiliki Pertamina itu tetap beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat demi memasok BBM ke masyarakat.

Unit Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Hatim Ilwan mengatakan kapasitas pengolahan crude Kilang Cilacap mencapai 348.000 barel/hari atau sekitar 33,4% dari kapasitas kilang nasional. Produk olahan yang dihasilkan berupa produk petrokimia, lube base yang dijadikan bahan dasar pelumas, dan BBM.

Advertisement

Kilang Cilacap bahkan mampu memproduksi seluruh jenis BBM yang dijual oleh Pertamina, seperti seperti premium dan pertamax, solar dan dexlite, avtur, LPG, hingga bahan bakar boiler & furnace serta marine fuel

Di sisi lain, Kilang Cilacap memasok sepertiga dari kebutuhan BBM nasinal. Produk BBM Kilang Cilacap disalurkan ke wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, serta Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

“Khusus Pulau Jawa, Kilang Cilacap memasok 60% kebutuhan BBM,” ujar Hatim dalam siaran pers pada Kamis (30/7).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement