Facebook: Konten Terkait Selebriti Paling Banyak Ditonton di Indonesia

Facebook menyatakan konten terkait selebriti sering kali menjadi viral karena kerap dibicarakan oleh masyarakat.
Image title
6 Agustus 2020, 21:00
facebook, selebriti
Katadata
Ilustrasi, logo Facebook. Facebook menyebut konten terkait selebriti paling banyak ditonton oleh masyarakat Indonesia.

Facebook Watch menyatakan video terkait selebriti menjadi konten yang paling banyak ditonton di Indonesia. Pasalnya, kehidupan selebiriti kerap kali menjadi viral di masyarakat.

Head of Entertainment Partnership untuk Facebook di Indonesia Revie Sylviana mengatakan masyarakat Indonesia cenderung mencari konten-konten terkini di layanan video on-demand, Facebook Watch. "Apa yang viral di masyarakat itu yang dicari," kata Revie dalam konferensi video pada Kamis (5/8).

Konten itu juga akan mendorong opini publik dan menjadi topik pembicaraan di berbagai platform. "Itu makanya info selebriti jadi hot banget," ujarnya. 

Hingga kini Facebook Watch menjaring 2,7 miliar penonton per bulannya. Berbagai publisher mulai dari stasiun televisi sampai rumah produksi di Indonesia membuat konten-konten untuk meningkatkan engagement mereka. 

"Kelebihan sosial media, dia (konten) bisa diunggah di manapun dan kapanpun. Tidak ada limitasi durasi tayang," katanya.

CEO StartHits dari MNC Group Lina Priscilla juga menyebut konten infotaiment yang dibuat perusahaannya paling banyak ditonton masyarakat. "Untuk konten infotainment ada yang sampai 19 juta penonton," katanya. 

Selain konten info selebriti, ada konten program ajang pencarian bakat yang juga meraih banyak penonton. Misalnya, satu konten untuk program MasterChef bisa ditontoh sampai 10 juta kali. 

Hingga kini, StarHits sudah mengunggah ribuan konten di Facebook Watch. Selain konten yang sudah tayang di stasiun televisi, StarHits juga menayangkan konten eksklusif hanya di Facebook Watch, seperti wawancara dengan selebriti hingga konten di balik sebuah program (behind the scene). 

Sejak awal 2020, StarHits intens menggunakan Facebook Watch untuk mendapatkan engagement. Perusahaan itu pun telah meraih 33 juta pengikut (followers) di Facebook, naik 461% dalam enam bulan terakhir. StarHits juga sudah meraih 342 juta penonton di Facebook Watch. 

Business and Partnershif Indigo Production Putri Rahartana mengatakan masyarakat banyak mencari berita eksklusif selain konten infotainment. Selain itu, konten yang banyak dicari juga terkait dengan realita sosial, seperti berbagi rezeki di jalanan.

"Kami melihat konten yang berhubungan dengan artis tinggi," ujar Putri.

President Director of Trans TV dan Trans 7 Atiek Nur Wahyuni mengatakan pihaknya menjalankan berbagai strategi untuk mendongkrak banyak penonton di sosial media. Seperti dengan memilih tayangan yang cocok dengan penonton di Facebook. Pasalnya, konten yang menarik di televisi belum tentu banyak penontonnya di Facebook. 

Selain itu, perusahaan juga memanfaatkan fitur yang ada di platform tersebut dengan maksimal. "Kami buat Facebook Live, dan buat official fanpage agar interaksi maksimal dengan fans," kata Atiek. 

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Video Pilihan

Artikel Terkait