Kinerja Semester I Anjlok, Pertamina Yakin Cetak Laba di Akhir Tahun

Image title
24 Agustus 2020, 14:02
pertamina, bumn, migas, harga minyak
Katadata | Arief Kamaludin
Ilustrasi, logo Pertamina. Pertamina optimistis mencetak laba pada akhir tahun ini. Meskipun, kinerja semester I anjlok.

Kinerja keuangan Pertamina anjlok sepanjang semester I 2020. Meski begitu, perusahaan optimistis kinerjanya akan lebih baik pada paruh kedua tahun ini karena kenaikkan harga minyak dunia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan kinerja keuangan perusahaan turun drastis pada paruh pertama tahun ini karena triple shock, yaitu penurunan penjualan yang signifikan, harga minyak mentah yang turun sehingga berdampak pada pendapatan sektor hulu, serta fluktuasi nilai tukar rupiah sehingga terjadi kerugian selisih kurs.

Namun, dia yakin kinerja perusahaan akan kembali positif pada akhir 2020. "Ditargetkan laba juga akan positif pada akhir tahun, mengingat harga minyak dunia perlahan mulai naik," kata Fajriyah kepada Katadata.co.id, Senin (24/8).

Oleh karena itu, perusahaan bakal terus memperbaiki kinerja internal. Salah satu caranya dengan pengematan hingga 30%.

Perusahaan juga akan memprioritasikan rencana investasi, renegosiasi kontrak eksisting, refinancing untuk mendapatkan biaya bunga yang lebih kompetitif, serta meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). "Sehingga biaya dari sisi rupiah juga semakin banyak komposisinya, dan bisa menekan biaya secara umum," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...