Pertamina EP Incar Penemuan Cadangan Migas Baru di Kalimantan

Image title
2 September 2020, 18:19
pertamina, cadangan minyak, cadangan gas, eksplorasi migas
Pertamina EP
Ilustrasi, pekerja Pertamina EP. Pertamina EP mengincar penemuan cadangan migas di Kalimantan.

Pertamina EP berusaha memenuhi target pencapaian produksi migas sesuai ketetapan pemerintah. Perusahaan pun berupaya meningkatkan cadangan migas untuk kelangsungan ketahanan energi nasional.

Vice President Exploration Planning & Operation Pertamina EP Novy Hendri mengatakan perusahaan menerapkan strategi "Growth Resource to Production Ratio" untuk mencapai target tersebut. Dengan strategi tersebut, perusahaan bakal meningkatkan rasio antara minyak atau gas yang diproduksikan dengan temuan cadangan yang baru.

Advertisement

Secara hitungan, apabila memproduksi 1 MMBOE, maka minimal harus menemukan cadangan dengan volume 3 MMBOE. Itu berarti diperlukan dua sampai tiga kali penemuan cadangan migas dibandingkan produksi migas.

Oleh karena itu, Pertamina EP mulai melaksanakan survei seismik 2D Sangatta Batu Utak dan survei Seismik 2D Tanjung Barat di Kalimantan. Survei seismik 2D Sangatta Batu Utak sepanjang 963 kilometer itu terletak di Blok Sangatta Batu Utak, Kalimantan Timur. Sedangkn seismik 2D
Tanjung Barat sepanjang 923 kilometer terletak di Blok Tanjung Raya I yang meliputi dua provinsi, yaitu Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Novy mengungkapkan survei seismik 2D Sangatta Batu Utak dilaksanakan untuk membuktikan keberadaan hidrokarbon pada lapisan batuan berumur Paleogene sebagai "New Potential Play" di sebelah barat laut Lapangan Sangatta. Sedangkan survei seismik 2D Tanjung Barat diperlukan untuk membuktikan keberadaan hidrokarbon pada Formasi Tanjung, Berai dan Warukin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement