Upaya Terakhir Chevron Tingkatkan Produksi Migas Blok Rokan Tahun Ini

Image title
Oleh Verda Nano Setiawan - Febrina Ratna Iskana
2 September 2020, 20:30
chevron, blok rokan, kemenko marves, migas
Agung Samosir|KATADATA
Ilustrasi, Chevron. Chevron bakal mengebor Blok Rokan pada tahun ini untuk meningkat produksi sebelum alih kelola ke Pertamina pada 2021.

Chevron Pacific Indonesia berencana mengebor Blok Rokan pada tahun ini. Kegiatan tersebut merupakan upaya terakhir perusahaan untuk meningkatkan produksi minyak, sebelum alih kelola ke Pertamina pada 2021.

Pemerintah bersama Chevron menargetkan mencapai kesepakatan investasi Blok Rokan pada pekan ini. Pasalnya, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu telah menyelesaikan proses audit lingkungan.

Advertisement

"Audit lingkungan sudah selesai. Perhitungan dana untuk itu juga sudah disetujui, sebentar lagi HOA (Head of Agreement) disetujui," ujar Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves, Purbaya Yudhi Sadewa, kepada Katadata.co.id, Rabu (2/9).

Jika HoA telah ditandatangani, kata Purbaya, Chevron dapat langsung menjalankan rencana pengeboran Blok Rokan. Ia memastikan jika pengeboran bakal dilaksanakan sesuai jadwal yang telah dicanangkan sebelumnya yakni pada November 2020.

"Rasanya sih jadwalnya tidak bergeser," kata dia.

Lebih lanjut, Purbaya mengatakan investasi Chevron sangat penting untuk kelangsungan produksi Blok Rokan. Apalagi, Pertamina bakal ambil kelola blok tersebut pada tahun depan. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement