Trump Akhirnya Restui TikTok Beroperasi Kembali di AS

Image title
20 September 2020, 10:37
donald trump, amerika serikat, tiktok, tiongkok
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria/pras/cf
Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Kantor Pusat Palang Merah Nasional Amerika di Washington, Amerika Serikat, Kamis (30/7/2020). Trump memberikan restu kesepakatan akuisisi saham perusahaan TikTok di As.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump merestui kesepakatan yang mengizinkan TikTok beroperasi kembali di negara tersebut. Hal itu diungkapkan Trump setelah memblokir penggunaan aplikasi dari perusahaan asal Tiongkok tersebut sejak Agustus 2020.

Saat konferensi pers di Gedung Putih, Trump menyatakan dia mendukung kesepakatan transaksi saham antara ByteDance, perusahaan pencipta aplikasi TikTok, dengan Oracle dan Walmart. Kesepakatan itu, lanjut dia, bakal menciptakan perusahaan bernama TikTok Global yang beroperasi di AS.

Advertisement

Kementerian Perdagangan AS dalam pernyataan tertulis menyebut bahwa Oracle bakal bertanggung jawab terhadap teknologi dan data pengguna di Negeri Paman Sam. Adapun persetujuan transaksi antara Oracle dan Walmart serta dokumentasi dan ketentuan yang diperlukan tengah dikaji oleh Komite Investasi Asing AS.

Perusahaan saham AS diharapkan memegang 53% saham TikTok Global. Sedangkan investor asal Tiongkok dapat memiliki 36% saham.

Trump mengatakan perusahaan baru itu akan sepenuhnya dikendalikan oleh Oracle dan Walmart. Oracle menyatakan akan mengambil 12,5% saham TikTok Global.

Berdasarkan kesepakatan, ByeteDance menyatakan Oracle dan Walmart akan mengambil bagian dari putaran pendanaan pra-IPO TikTok Global. Dengan begitu, mereka dapat mengambil hingga 20% saham kumulatif di perusahaan.

Sedangkan sisanya 80% akan dipegang oleh ByteDance. Namun, belum ada kepastian apakah saham Bytedanceakan didistribukan ke investor ketika TikTok Global didirikan. Investor AS saat ini memiliki sekitar 40% dari ByteDance.

Di sisi lain, TikTok menyatakan senang dengan proposal yang ditawarkan Oracle dan Walmart. Proposal tersebut akan menyelesaikan masalah keamaan administrasi dan pertanyaan seputar masa depan TikTok di AS.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement