Merdeka.com Klarifikasi Tudingan Hoaks UU Cipta Kerja

Merdeka.com
Oleh Merdeka.com
6 Oktober 2020, 11:51
UU Cipta Kerja, omnibus law, hoaks
ANTARA FOTO/Aji Styawan/foc.
Ilustrasi, serikat pekerja menolak Omnibus Law atau UU Cipta Kerja. Merdeka.com dituding menyebarkan berita bohong atau hoaks mengenai UU Cipta Kerja.

Pagi ini beredar pesan di Grup Whatsapp (WA) yang berjudul 'Waspada 10 Hoaks Isi UU Omnibuslaw' yang mencatut nama media merdeka.com. Ada beberapa poin dalam pesan berantai itu yang dituding tidak sesuai fakta. Pesan itu merujuk pada infografis yang pernah dibuat merdeka.com soal tuntutan buruh terkait rancangan undang-undang (RUU) tersebut.

Dengan ini redaksi merdeka.com menegaskan bahwa infografis tersebut dimuat pada tanggal 18 Februari 2020 dalam artikel berjudul "Poin-Poin Omnibus Law Usik Buruh. Bukan setelah UU Cipta Kerja diketok oleh DPR" pada Senin 5 Oktober 2020. Artinya, hampir delapan bulan lalu. Saat itu para buruh akan menggelar aksi menolak RUU Cipta Kerja di DPR.

Advertisement

Infografis tersebut menjelaskan soal poin-poin RUU Cipta Kerja yang disorot KSPI pada Februari lalu itu. Hal ini juga dimuat di hampir semua media nasional saat itu. Jadi infografis itu jelas bukan hasil UU Cipta Kerja yang disahkan DPR Senin, 5 Oktober 2020.

Dari rentang Februari hingga disahkan kemarin, tentu ada beberapa perkembangan dan perubahan yang terjadi, yang selalu diberitakan media massa termasuk merdeka.com. Pihak merdeka.com menegaskan tidak pernah menyebarkan hoaks. Tentang berita lama yang disebarkan kembali dan dibubuhi tambahan di sana sini, redaksi tidak ada sangkut-pautnya.

Perkembangan berita UU Cipta Kerja secara lengkap bisa dilihat di sini:

Artikel ini terbit pertama kali di:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement