WHO Sebut Vaksin Covid-19 Kemungkinan Tersedia Akhir Tahun Ini

Image title
7 Oktober 2020, 09:12
 vaksin virus corona, who, covid-19, gerakan 3M
TWITTER @WHO
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (WHO) di Jenewa, Swiss, Kamis (30/1). WHO menyebut vaksin virus corona bisa tersedia di akhir tahun ini.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan vaksin virus corona tersedia pada akhir tahun ini. Organisasi itu pun meminta semua pemimpin dunia memastikan vaksin bisa didistribusikan secara merata.

Sejauh ini ada sembilan fasilitas laboratorium yang mengembangkan vaksin Covid-19 di bawah kordinasi WHO. Seluruh fasilitas tersebut diharapkan mampu mendistribusikan 2 miliar dosis vaksin pada akhir 2021.

Advertisement

"Kita membutuhkan vaksin, dan ada harapan pada akhir tahun ini tersedia," kata Direktur Jenderal WHO Tedros ADhanom Ghebreyesus dilansir dari Reuters pada Selasa (6/10) malam.

Sebelumnya, Tiongkok melangsungkan pertemuan dengan WHO terkait rencana mereka mendistribusikan vaksin virus corona ke seluruh dunia.  Kordinator WHO untuk obat-obatan esensial dan teknologi kesehatan di kawasan Pasifik Barat, Socorro Escalate, mengatakan Tiongkok dalam diskusi awal dengan WHO menyampaikan rencana mendaftarkan vaksinya ke dalam daftar penggunaan darurat.

Negara tersebut ingin vaksin yang diproduksi secara lokal tersedia bagi pengguna internasional. Pemerintah Tiongkok memang telah memberikan vaksin Covid-19 kepada ratusan ribu pekerja esensial dan kelompok lain yang dianggap berisiko tinggi di sana.

Namun, vaksin tersebut dikembangkan secara lokal dan belum melalui uji klinik. Hal itu yang menyebabkan kekhawatiran para ahli terhadap tingkat keamanan vaksin Covid-19 buatan Tiongkok. 

Perkembangan vaksin di seluruh dunia memang cukup pesat demi mengakhiri pandemi corona. Selagi menunggu ketersediaan vaksin, masyarakat juga bisa menjalankan protokol kesehatan untuk mengurangi tingkat penularan Covid-19.

Pemerintah pun telah mengampanyekan #Gerakan3M untuk mencegah penularan virus corona, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement