Tingkat Keterisian Hotel Isolasi Mandiri di Jakarta Capai 55%

Image title
7 Oktober 2020, 10:23
perhotelan, covid-19, satgas covid-19, gerakan 3M
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, kamar hotel. Jumlah pasien orang tanpa gejala (OTG) yang isolasi mandiri di hotel semakin meningkat.

Satgas Penanganan Covid-19 mencatat jumlah pasien positif virus corona tanpa gejala alias OTG di Hotel Isolasi Mandiri di DKI Jakarta terus meningkat. Hingga Selasa (6/10) pukul 18.00 WIB, jumlahnya mencapai 387 pasien atau 55% dari total huni 706 tempat tidur.

Rinciannya, U Stay Hotel terisi 139 pasien atau 72,22 persen dari 180 tempat tidur. Ibis Style Mangga Dua terisi 114 pasien atau 34 persen dari total hunian sebanyak 336 tempat tidur.

Advertisement

Selain itu, ada Ibis Hotel Senen yang terisi 134 pasien 71 persen dari total hunian 190 tempat tidur. Sedangkan pasien sembuh yang isolasi mandiri di tiga hotel tersebut hingga hari kemarin hanya sembilan orang.

Dilansir dari situs covid-19.go.id, Dokter Spesialis Paru/Konsultan Intensivist dan Gawat Nafas di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta dr. Dewiyana Andari Kusmana, SpP (K) mengatakan pasien OTG sebenarnya cukup mudah untuk sembuh. Penanganan untuk pasien OTG yaitu makan, minum, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan. Salah satu caranya dengan menjalankan #Gerakan3M.

#Gerakan3M terdiri dari memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Hal itu menjadi langkah utama dan penting pencegahan untuk menangkal virus corona.

Selain DKI Jakarta, Pemerintah Kota Tangerang juga menyediakan ruang isolasi mandiri di Hotel Kyriad. Hingga Selasa (6/10) sore, terisi 21 pasien atau 13% dari kapasitas 160 kamar. Hotel yang terletak di Kecamatan Neglasari itu pun masih memiliki 144 tempat tidur yang bisa digunakan untuk ruang isolasi.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement