Dipakai Trump Atasi Corona, Terapi Antibodi Regeneron Naik Pamor di AS

Image title
8 Oktober 2020, 15:03
covid-19, obat virus corona, amerika serikat, donald trump, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/Maranie Staab/hp/dj
Ilustrasi, warga Amerika Serikat di Syracuse, New York, Amerika Serikat, Jumat (10/7/2020). Trump menyebut terapi Regeneron membantu kondisinya lebih baik sejak didiagnosa Covid-19.

Pasien Covid-19 di Amerika Serikat (AS) berminat bergabung dalam uji klinis obat virus corona berbasis antibodi yang diproduksi Regeneron Pharmaceuticals Inc. Permintaan tersebut meningkat setelah Presiden AS Donald Trump mendapatkan perawatan serupa pada minggu lalu.

Trump pun menggembar-gemborkan manfaat dari terapi tersebut. Dalam sebuah video yang diambil di luar Gedung Putih, Trump memuji terapi Regeneron karena dia merasa jauh lebih baik dibandingkan saat pertama kali didiagnosis Covid-19.

Trump keluar dari rumah sakit pada Senin (5/10) malam setelah beberapa hari didiagnosis dengan Covid-19. Padahal dia sempat didiagnosa menderita peradangan paru-paru yang dapat menurunkan kadar oksigen darah.

Dokter Trump mengatakan tes darah pada hari Senin mendeteksi antibodi yang melawan infeksi. Juru bicara Regeneron pun mengatakan kemungkinan hal itu terjadi karena pengobatan dari terapi antibodi.

Trump pun berjanji memberikan terapi obat itu secara gratis kepada warga AS. Selain itu, dia mendorong otorisasi penggunaan darurat (EUA) untuk mengizinkan perawatan dengan obat antibodi Regeneron.

Regeneron mengatakan sedang berbicara dengan Badan Pangan dan Administrasi AS tentang EUA. Mitra Regeneron, Eli Lilly, pada Rabu (7/10) menyatakan pihaknya telah uji coba tahap tengah terapi antibodi kombinasi.

Hasilnya menunjukkan bahwa terapi tersebut membantu memotong rawat inap dan kunjungan ruang gawat darurat untuk pasien Covid-19. Oleh karena itu, mereka berencana berdiskusi dengan EUA.

Regeneron sejauh ini telah menerima US$ 450 juta dari pemerintah AS untuk pesanan 300.000 dosis koktail antibodi ganda. Perusahaan mengatakan pasokan itu akan didistribusikan secara gratis.

Saham Regeneron naik hampir 6% sepanjang bulan ini, ditutup pada US$ 591,69 pada hari kemarin. Saham Lilly naik 3,4% dan ditutup pada US$ 148,96.

Adapun metode antibodi Regeneron merupakan gabungan dua antibodi monoklonal. Salah satu antibodi bakal menjadi senjata utama yang menghasilkan sistem kekebalan untuk melawan infeksi.

 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...