Bank Dunia Bakal Gelontorkan Rp 177 T untuk Pengadaan Vaksin Covid-19

Image title
14 Oktober 2020, 15:48
bank dunia, vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ilustrasi, fasilitas produksi vaksin COVID-19. Bank Dunia menganggarkan US$ 160 miliar untuk penanganan Covid-19 di negara-negara berkembang hingga Juni 2021.

Dewan Eksekutif Bank Dunia pada Selasa (13/10) menyetujui pendanaan vaksin virus corona sebesar US$ 12 miliar atau sekitar Rp 177 triliun. Dana tersebut bakal disalurkan kepada negara-negara berkembang untuk membeli dan mendistribusikan vaksin. 

Rencana pembiayaan tersebut merupakan bagian dari anggaran pinjaman sebesar US$ 160 miliar. Pinjaman tersebut diberikan kepada negara-negara berkembang untuk membantu menangani Covid-19 hingga Juni 2021.

Advertisement

Dilansir dari Reuters, Bank Dunia mengatakan program pembiayaan akan mencakup dukungan teknis kepada negara-negara penerima sehingga dapat mempersiapkan pendistribusian vaksin dalam skala besar. Hal tersebut juga memberikan sinyal kepada perusahaan obat untuk mendukung pasokan vaksin C0vid-19 di negara berkembang.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Tiongkok menyatakan pada Jumat (9/10) bahwa negara tersebut secara resmi bergabung dengan COVAX. COVAX merupakan inisiatif pengadaan vaksin virus corona yang digagas oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Tiongkok rencananya membantu membiayai vaksin Covid-19 untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Namun, Kementerian Luar Negeri Tiongkok tidak menjelaskan secara rinci nominal yang akan diberikan untuk pengadaan vaksin tersebut.

Sebelumnya, Presiden Xi Jinping menjanjikan pemberian dana US$ 2 miliar atau sekitar Rp 30 triliun selama dua tahun ke depan untuk membantu menangani pandemi corona. "Kami mengambil langkah konkret untuk memastikan distribusi vaksin yang adil, terutama ke negara berkembang, dan berharap negara yang lebih mampu akan bergabung dan mendukung COVAX," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying seperti dilansir dari Reuters pada Jumat (9/10).

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement