Lansia Alami Gejala Khas Saat Terinfeksi Covid-19

Image title
15 Oktober 2020, 15:42
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Warga lanjut usia (lansia) di Desa Darungan, Kediri, Jawa Timur, Kamis (28/11/2019). Tenaga medis menyebut lansia tak memiliki gejala umum Covid-19.

Kaum lansia dan orang dengan penyakit penyerta (komorbid) merupakan kelompok yang paling rentan terpapar Covid-19. Apalagi gejala umum yang dialami pasien positif Covid-19 sama sekali tidak muncul pada lansia dan komorbid.

Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Czeresna Heriawan Soejono, mengatakan lansia terkonfirmasi positif Covid-19 tidak memiliki gejala umum infeksi virus corona. Gejala tersebut biasanya berupa batuk-batuk, sesak nafas, atau hilangnya indera penciuman dan perasa.

Advertisement

Menurut dia, justru memiliki gejala Covid-19 yang sangat khas. Beberapa gejala tersebut di antaranya nafsu makan hilang tiba-tiba, terjadi perubahan perilaku yang tidak biasa, dan kesadarannya hilang.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat memberikan perhatian khusus kepada lansia dan komorbid. "Lebih ketat monitoring-nya karena gejalanya khas sekali," ujar Soejono seperti dilansir dari covid-19.go.id pada Kamis (15/10).

Kepala Staf Medik Fungsional Pulmonologi Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta, Adria Rusli, mengatakan perhatian keluarga sangat penting bagi lansia dan komorbid untuk menghindari paparan virus corona. Selain itu, lingkungan yang bersih, makanan sehat, dan istirahat cukup harus diterapkan bagi lansia dan komorbid.

Dia mencontohkan jika lansia tinggal bersama cucu dan pengasuhnya, maka harus diperhatikan protokol kesehatan orang-orang di sekelilingnya, seperti perawat, supir, hingga pengantar makanan. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement