Cara Aman Terhindar dari Covid-19 Saat Makan di Restoran

Dwi Hadya Jayani
16 Oktober 2020, 14:39
gerakan 3m, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, psbb, makanan, minuman
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp.
Ilustrasi, protokol kesehatan di salah satu restoran di Plaza Marina, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/6/2020). Penerapan protokol kesehatan dapat mencegah penularan Covid-19 saat makan di restoran.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Kebijakan tersebut mengizinkan masyarakat makan di restoran atau cafe.

Padahal, riset dari CDC pada bulan lalu mengungkapkan orang yang makan di restoran berpotensi tertular Covid-19. Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sonny Harmadi juga menyebut ada tiga risiko penularan virus di rumah makan, yaitu risiko rendah jika makan sendiri dan risiko sedang jika makan bersama kelompok kecil atau keluarga.

Advertisement

“Terakhir, risiko tinggi terjadi jika berkerumun lebih dari 5 orang. Tidak menjaga jarak lebih berbahaya,” kata Sonny dalam Webinar Katadata Protokol Kesehatan di Rumah Makan, Jumat 16/10.

Meski begitu, risiko penularan dapat dicegah dengan menerapkan protokol kesehatan, baik oleh pemilik usaha maupun konsumen. Pelaku usaha pun bisa menjadi garda terdepan mencegah penularan virus di rumah makan. 

Caranya dengan menyiapkan antrean duduk maupun berdiri minimal satu meter antar pelanggan. Selain itu, pengusaha harus menerapkan prinsip hygiene dan sanitasi makanan sesuai ketentuan, serta memastikan kecukupan proses pemanasan.

Kemudian, pengusaha wajib melaksanakan pembersihan area kerja, fasilitas, dan peralatan, khususnya yang bersentuhan langsung dengan makanan.  Lalu, menyediakan tempat cuci tangan, melarang pekerja yang sakit untuk bekerja, dan menggunakan alat pelindung diri.

“Rumah makan dan restoran harus didorong untuk sadar menerapkan protokol kesehatan, karena tidak mungkin diawasi,” kata Sonny.

Halaman:
Reporter: Dwi Hadya Jayani

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement