Inggris dan Tiongkok Akan Pasok Vaksin Covid-19 bagi 70% Penduduk RI

Image title
16 Oktober 2020, 11:03
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, kementerian kesehatan, gerakan 3M
123RF.com/Lightfieldstudios
Ilustrasi, vaksin virus corona. Pemerintah menyebut vaksin Covid-19 di dalam negeri bakal siap pada 2022.

Pemerintah berupaya menyediakan vaksin virus corona bagi seluruh penduduk. Saat ini ada tiga jalur pasokan vaksin, yaitu Tiongkok dan Inggris, organisasi kesehatan internasional, dan produksi Vaksin Merah Putih di dalam negeri.

Pemerintah akan mendapatkan pasokan vaksin dari produsen farmasi Sinovac dan Sinopharm di Cina, serta vaksin AstraZeneca di Inggris. Pemerintah menargetkan pasokan vaksin dari Cina dan Inggris dapat memenuhi kebutuhan minimal 70 persen penduduk. 

Pemerintah juga menggandeng organisasi internasional seperti Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) dan Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI) untuk mendapatkan akses vaksin Covid-19. Kolaborasi antara CEPI dan GAVI diharapkan bisa menjamin penyediaan vaksin bagi 20 persen penduduk.

 Sisanya akan dipenuhi dari pengembangan vaksin Merah Putih. Vaksin dalam negeri diharapkan siap pada awal 2022.

"Sambil menunggu vaksin Merah Putih, kami memanfaatkan kerja sama dengan Tiongkok dan Inggris. Karena vaksin ini perlu dua kali suntik, maka kami perlu atur prioritas pemberian vaksin pada tenaga kesehatan garda terdepan," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dilansir dari Antara pada Jumat (16/10).

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...