Gunakan Masker Dapat Turunkan Risiko Penularan Covid-19 Hingga 75%

Dwi Hadya Jayani
16 Oktober 2020, 18:40
Jika disiplin menggunakan masker, mencuci tangan, dan jaga jarak, risiko penularan virus corona bisa turun hingga 100%.
ANTARA FOTO/Rony Muharrman/wsj.
Petugas Satpol PP Kota Pekanbaru mengikuti gelar pasukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di Pekanbaru, Riau, Jumat (2/10/2020). Menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak efektif mencegah penularan Covid-19.

Pandemi corona telah berjalan selama tujuh bulan. Namun, belum ada obat-obatan dan vaksin yang pasti untuk mengobati mereka yang terinfeksi virus corona

Satu-satunya cara yang terbukti ampuh mengurangi penularan Covid-19 yaitu protokol kesehatan #Gerakan3M. Protokol tersebut terdiri dari menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

Ketua Umum Gerakan Pakai Masker (GPM) Sigit Pramono mengatakan orang yang memakai masker dapat menurunkan risiko tertular hingga 75%. "Jika ditambah dengan dua gerakan lainnya, mencuci tangan dan jaga jarak, akan menjadi 100%," kata Sigit dalam Webinar "Protokol Kesehatan di Tempat Makan" yang diselenggarakan oleh Katadata pada Jumat (16/10).

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sonny Harmadi menambahkan orang terinfeksi Covid-19 yang tidak menggunakan masker berpotensi menularkan virus corona kepada orang sehat hingga 70%. Namun, jika orang yang sakit menggunakan masker peluang menularkan ke orang sehat hanya 5%.

Data lainnya menunjukkan orang tanpa gejala (OTG) berpotensi besar menularkan Covid-19. Sonny menyebut jika 20% OTG tidak menggunakan masker, maka ada  80% orang yang patuh tertular.  

Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) terkait Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi, responden yang mengaku sering memakai masker telah mencapai 91,98%. Sedangkan yang mencuci tangan selama 20 detik sebanyak 75,38%, dan menjaga jarak minimal 1 meter 73,54%.

Halaman:
Reporter: Dwi Hadya Jayani

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...