Vaksin dan Protokol Kesehatan Bakal Beri Perlindungan Ganda Covid-19

Image title
19 Oktober 2020, 19:52
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3m
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Bio Farma memiliki kapasitas produksi vaksin sebesar 250 juta dosis.

Satuan Tugas atau Satgas Covid-19 menyebut vaksinasi akan memberikan perlindungan dari Covid-19. Meski begitu, masyarakat diharapkan tak mengabaikan protokol kesehatan.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan vaksin virus corona dan protokol kesehatan akan memberikan perlindungan ganda terhadap Covid-19. Adapun protokol kesehatan yang dimaksud yaitu menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan. 

Advertisement

"Itu harus tetap dilaksanakan. Selain itu, meningkatkan imun tubuh tidak hanya vaksinasi, istirahat yang cukup, olahraga, dan makan makanan dengan gizi seimbangan. Dengan demikian proteksinya double," kata Wiku.

Lebih lanjut, dia mengatakan pemerintah dan masyarakat perlu tolong menolong agar segera keluar dari pandemi corona. Jika pemerintah telah menyediakan vaksin, masyarakat diharapkan mendukung upaya pemerintah dengan menjalankan protokol #Gerakan3M secara bersama-sama.

Menurut dia, semakin banyak masyarakat yang patuh menjalankan protokol kesehatan, semakin cepat aktivitas sosial dan ekonomi kembali seperti semula.  "Jangan cuma melihat vaksin sebagai satu-satunya jalan keluar. Pemerintah sudah lama mengajak masyarakat memerangi Covid-19 dengan merubah prilaku dengan melaksanakan protokol kesehatan," ujar Wiku.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement