Kasus Covid-19 Melonjak, WHO Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan

Image title
20 Oktober 2020, 12:49
who, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi
TWITTER @WHO
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, meminta pemerintah dan masyarakat di berbagai negara mengantisipasi lojakan kasus Covid-19 jelang akhir tahun.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengkhawatirkan penyebaran kasus Covid-19 yang semakin cepat. Hal itu karena musim dingin sudah memasuki bumi bagian utara, terutama di Eropa dan Amerika Utara.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pemimpin-pemimpin dunia terus berkomunikasi mencari langkah-langkah yang diperlukan untuk memperlambat penyebaran virus corona. Pasalnya, peningkatan kasus dapat menyebabkan kebutuhan tempat tidur di rumah sakit dan perawatan intensif juga meningkat.

Advertisement

Kondisi tersebut bakal membahayakan pasien dan petugas kesehatan. Sehingga pemerintah di berbagai negara harus fokus pada hal-hal mendasar yang membantu memutus rantai penularan dan menyelamatkan nyawa dan mata pencaharian.

"Itu berarti pemerintah harus menemukan kasus secara aktif, investigasi klaster, mengisolasi semua kasus, mengkarantina orang dengan kontak erat, memastikan perawatan klinis yang baik, mendukung dan melindungi petugas kesehatan dan melindungi yang rentan," ujar Tedros seperti dilansir dari situs resmi WHO pada Senin (20/10).

Selain itu, masyarakat memiliki peran penting untuk sama-sama mengurangi penyebaran virus corona. Caranya dengan menjaga jarak fisik, memakai masker, membersihkan tangan, batuk dengan aman ke lengan, menghindari keramaian dan bertemu orang di luar jika memungkinkan, dan jika harus berada di dalam ruangan dengan orang lain harus membuka jendela dan pastikan ventilasi yang baik.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement