Pengusaha Hotel Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur Panjang

Image title
20 Oktober 2020, 16:23
perhotelan, pariwisata, jakarta, virus corona, pandemi corona, covid-19, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/wsj.
Pekerja membersihkan ruang dan kamar di Hotel The Priangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (2/10/2020). Pengusaha hotel dan tempat wisata mengantisipasi penularan Covid-19 saat libur panjang pada akhir pekan.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya untuk mengantisipasi penularan virus corona saat libur panjang akhir pekan lalu. Sejumlah hotel dan tempat wisata pun ikut mencegah penyebaran Covid-19.

Seperti CEO Amithya Hotel dan Resort Rucita Permatasari yang mengatakan telah mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Seperti mengecek suhu tubuh para staf dan konsumen sebelum masuk lobi hotel. 

Pihaknya juga mengatur tempat duduk di lobi agar konsumen tetap menjaga jarak. Selain itu, seluruh ruangan hotel selalu didisinfektan secara rutin.

Pihaknya juga mewajibkan staf dan konsumen menggunakan masker. Bahkan para staf wajib mengikuti swab test setiap dua minggu sekali.

"Kami mengikuti seluruh anjuran dan peraturan dari pemerintah. Mulai dari staf, kami jaga kesehatannya dengan melaksanakan swab test. Itu untuk menyakinkan konsumen agar tak perlu khawatir staycation, " ujar Rucita dalam konferensi pers yang disiarkan Youtube BNPB Indonesia pada Selasa (20/10).

Pihaknya juga tak segan mengedukasi dan mengingatkan konsumen untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Terutama untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Jika mereka tidak menggunakan masker, mungkin karena gerah, kami mengingatkan untuk digunakan kembali maskernya," ujar dia.

Direktur The Sunan Hotel Solo Sona Maesana juga mengaku menerapkan protokol kesehatan sejak April 2020. Beberapa protokol yang diterapkan di antaranya mewajibkan penggunaan masker, pengecekan suhu tubu, pengisian data diri, dan melengkapi para staf dengan alat perlindungan diri seperti face shield.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...