Orang dengan Golongan Darah O Berisiko Lebih Rendah Tertular Covid-19

Image title
21 Oktober 2020, 07:30
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
ANTARA/Shutterstock/am
Ilustrasi, sampel darah yang terindikasi positif virus corona. Penelitian menunjukkan golongan darah O berisiko rendah terinfeksi Covid-19.

Penelitian terbaru menyatakan golongan darah O mungkin memiliki sedikit keuntungan selama pandemi corona. Dua penelitian yang diterbitkan pada pekan ini menunjukkan bahwa orang dengan tipe O memiliki risiko lebih rendah terkena virus corona dan kemungkinan tak sakit parah jika terinfeksi.

Salah satu studi baru secara khusus menemukan bahwa pasien C0vid-19 dengan tipe darah O atau B menghabiskan lebih sedikit waktu di unit perawatan intensif daripada tipe darah A atau AB. Mereka juga cenderung tidak membutuhkan ventilasi dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami gagal ginjal.

Advertisement

Kedua studi baru tersebut keluar pada jurnal Blood Advances. Peneliti mengamati 95 pasien Covid-19 yang sakit kritis di salah satu rumah sakit di Vancouver, Kanada, pada Februari dan April 2020.

Mereka menemukan bahwa pasien dengan golongan darah O atau B rata-rata menghabiskan 4,5 hari lebih sedikit di unit perawatan intensif dibandingkan dengan mereka yang memiliki darah golongan A atau AB. Kelompok terakhir rata-rata tinggal selama 13,5 hari di ICU. Namun, para peneliti tidak melihat adanya hubungan antara golongan darah dan lama pasien dirawat di rumah sakit. 

Selain itu, mereka menemukan bahwa 61% pasien dengan golongan darah O atau B yang membutuhkan ventilator, dibandingkan dengan 84% pasien dengan golongan darah A atau AB. Pasien dengan tipe A atau AB juga lebih mungkin membutuhkan dialisis, prosedur yang membantu ginjal menyaring racun dari darah.

“Pasien dalam dua golongan darah ini mungkin memiliki peningkatan risiko disfungsi atau kegagalan organ akibat Covid-19 dibandingkan orang dengan golongan darah O atau B,” ujar penelitian tersebut seperti dilansir dari sciencealert.com pada Selasa (20/10).

Sebuah studi pada Juni 2020 menemukan hubungan serupa, pasien di Italia dan Spanyol dengan golongan darah O memiliki risiko 50% lebih rendah dari infeksi virus corona yang parah dibandingkan dengan pasien dengan golongan darah lain.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement