Satgas Ingatkan Libur Panjang Berpotensi Menaikkan Kasus Covid-19

Image title
20 Oktober 2020, 19:41
satgas covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Seorang anak bermain di samping mural bertema COVID-19 di Jakarta, Senin (27/7/2020). Satgas Penanganan Covid-19 menyebut libur panjang terbukti meningkatkan kasus Covid-19 di Indonesia.

Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 menyebut libur panjang selalu berdampak pada peningkatan kasus positif virus corona. Pasalnya, masyarakat keluar rumah dan berkunjung ke tempat wisata.

Hal itu menyebabkan kerumunan di berbagai lokasi selama masa liburan. Apalagi banyak orang tak menerapkan protokol kesehatan.

Advertisement

Menurut Juru Bicara Pemerintah Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, libur panjang pada Idul Fitri pada 22-25 Mei 2020 meningkatkan kasus Covid-19 hingga 69%-93% dalam rentang waktu 10-14 hari.

Sedangkan pada libur panjang pada 20-23 Agustus 2020, terjadi kenaikkan kasus harian dan mingguan di rentang 58%-118%. Hal itu menyebabkan positivity rate hingga 3,9%  dalam dua pekan.

"Pemerintah dan masyarakat harus meningkatkan sinergi dan disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 selama libur panjang," ujar Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan Youtube BNPB Indonesia pada Selasa (20/10)

Selain itu, pemerintah melalui kementerian dan lembaga berusaha mengantisipasi kemunculan kerumunan. Untuk mencegahnya, kegiatan sosial, budaya, politik, dan keagamaan di ruang terbuka dan dihadiri banyak orang diusahakan tidak dilaksanakan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement