Ahli Epidemiologi Minta Masyarakat Hindari Zona Merah Saat Liburan

Image title
22 Oktober 2020, 09:21
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Rahmad/foc.
Pengunjung menikmati liburan di kawasan objek wisata pantai Ujong Blang, Lhokseumawe, Aceh, Rabu (27/5/2020). Ahli Epidemiologi juga menyarankan liburan di tempat terbuka seperti pantai dan pegunungan.

Pemerintah terus mengingatkan masyarakat untuk tetap berada di rumah saat libur panjang pada 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020. Pasalnya, dua kali libur panjang di Indonesia selalu disertai peningkatan kasus Covid-19.

Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono pun memberikan tip agar liburan aman dari penularan virus corona. Pertama, Tri menyarankan masyarakat memilih lokasi hiburan di zona hijau yang relatif lebih aman. Informasi tersebut dapat diketahui dengan mengunjungi laman resmi Covid-19 atau menanyakan langsung ke kantor pemerintahan setempat.

Kedua, hindari percikan air liur saat berbicara dengan menggunakan masker dan menjaga jarak. Menurut dia, penyebaran virus corona terjadi melalui penularan percikan air liur atau droplet. Percikan tersebut keluar saat orang berbicara, batuk, atau bersin.

Penggunaan masker dapat mengurangi risiko penularan Covid-19. Adapun masker berbahan kain bisa melindungi 70% dari paparan virus, masker bedah melindungi 80-90%, dan masker N95 di atas 90%.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...