Relawan Vaksin Corona Meninggal, AstraZeneca Tetap Teruskan Pengujian

Image title
22 Oktober 2020, 08:46
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
123RF.com/Lightfieldstudios
Beberapa negara melakukan penelitian untuk mengembangkan vaksin antivirus corona (Covid-19). Salah satunya AstraZeneca di beberapa negara seperti Inggris, Brazil, dan Amerika Serikat (AS).

Otoritas Kesehatan Brazil, Anvisa, menyatakan satu relawan uji klinis vaksin virus corona meninggal. Meski begitu, AstraZeneca dan Oxford Univeristy, tetap melanjutkan uji coba di negara tersebut.

Oxford mengonfirmasi rencana untuk tetap melaksanakan uji klinis setelah melaksanakan penilaian yang cermat. "Tidak ada kekhawatiran tentang keamanan uji klinis," ujar pernyataan tertulis Oxford seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (22/10).

Advertisement

Sedangkan AstraZeneca menolak berkomentar. Universitas Federal Sao Paulo, yang membantu mengoordinsasi uji klinis fase ketiga di Brazil, menyatakan komite peninjau independen juga merekomendasikan uji coba dilanjutkan. Universitas sebelumnya mengonformasi bahwa relawan yang meninggal merupakan warga negara Brazil.

"Semuanya berjalan seperti yang diharapkan, tanpa catatan komplikasi serius terkait vaksin yang melibatkan sukarelawan yang berpartisipasi," seperti pernyataan tertulis dari universitas tersebut.

Sejauh ini 8 ribu dari 10 ribu relawan yang direkrut untuk uji coba telah diberikan dosis pertama vaksin virus corona. Mayoritas dari mereka juga telah menerima suntikan kedua.

Berdasarkan laporan CNN, relawan yang meninggal berusia 28 tahun yang tinggal di Rio de Janeiro. Dia didiagnosa meninggal karena komplikasi Covid-19. Meski begitu, Anvisa tidak memberikan penjelasan secara detail karena data relawan bersifat rahasia.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement