Pemerintah Janji Vaksinasi Covid-19 Utamakan Keselamatan Masyarakat

Image title
22 Oktober 2020, 15:18
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/wsj.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7/2020). Airlangga menyebut vaksin virus corona Merah Putih akan selesai uji klinis tahap ketiga pada Desember 2020.

Pemerintah menyebut penyediaan vaksin virus corona akan dilaksanakan secara hati-hati. Proses yang ditempuh pun melibatkan berbagai organisasi kesehatan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mencontohkan proses pengadaan vaksin dalam negeri oleh Bio Farma dan Sinovac. Proses vaksin saat ini dalam tahap uji klinis ketiga dan ditargetkan rampung pada Desember 2020.

Setelah uji klinis selesai, Badan Pengawasa Obat dan Makanan (BPOM) bakal mengkaji keamanan vaksin. BPOM bakal mengkaji seluruh proses pembuatan vaksin, mulai dari pabrik bahan baku di Tiongkok hingga produksi di Indonesia. Untuk memastikan hal tersebut, BPOM bahkan mengunjungi fasilitas produksi di Tiongkok.

Setelah mengkaji sesuai prosedur, BPOM bakal mengerluarkan izin edar vaksin. Setelahnya, pemerintah baru boleh melaksanakan vaksinasi.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...