Satgas Jamin Pasokan Obat Covid-19, Tingkat Kesembuhan Bisa Meningkat

Image title
23 Oktober 2020, 18:09
satgas covid-19, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3m
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww.
Pekerja menurunkan kardus yang berisi obat Avigan bantuan Kementerian BUMN di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (5/7/2020). Satgas Penanganan Covid-19 menjamin ketersediaan obat dan tenaga kesehatan untuk pasien Covid-19.

Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 berharap tingkat kesembuhan pasien terinfeksi virus corona bisa terus bertambah. Pasalnya obat-obatan dan tenaga medis sudah mencukupi untuk menangani pasien. 

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan pasokan obat untuk penanganan pasien sudah tersedia. Seluruh obat-obat pun telah didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Advertisement

"Per 22 Oktober 2020, suplai obat perawatan Covid-19 sudah didistribusikan ke 34 Dinas Kesehatan Provinsi dan 760 rumah sakit rujukan,” ujar Reisa dalam konferensi pers daring dari Istana Kepresidenan di Jakarta, Jumat (23/10).

Sebagian besar obat-obatan untuk penanganan pasien tersebut juga sudah diproduksi oleh industri farmasi dalam negeri. Selain itu, kata Reisa, terdapat lebih dari 250 ribu tenaga kesehatan yang siap sedia menangani pasien Covid-19.

“Kami pun makin optimistis lebih banyak lagi kasus Covid-19 dapat disembuhkan," ujar Reisa.

Hingga 23 Oktober 2020, tingkat kesembuhan pasien terinfeksi virus corona di Indonesia sebesar 305.100 ribu orang. Jumlah tersebut mencapai 79,9% dari total 381.910 kasus terkonfirmasi.

Sedangkan jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia atau pasien yang masih menjalani perawatan sebanyak 63.733 orang. Angka tersebut mencapai 16,7%, lebih kecil dibandingkan kasus aktif dunia sekitar 21%. 

Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement