Hasil Uji Klinis: Plasma Darah Tak Ampuh Sembuhkan Pasien Covid-19

Image title
23 Oktober 2020, 19:48
obat virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3m
ANTARA/Shutterstock/am
Ilustrasi, sampel darah yang terindikasi positif virus corona. Penelitian di India menunjukkan pengobatan plasma darah tidak berdampak signifikan pada kesembuhan pasien Covid-19.

Hasil uji klinis di India menunjukkan bahwa penggunaan darah pasien Covid-19 yang sudah sembuh tak signifikan melawan infeksi virus. Padahal, Amerika Serikat dan India telah mengesahkan metode tersebut untuk penggunaan darurat.

Penelitian yang diterbitkan dalam BMJ British Medical Journal pada Jumat (23/10) menunjukkan bahwa plasma penyembuhan yang memberikan antibodi dari penyintas Covid-19, kepada orang yang terinfeksi, gagal mengurangi tingkat kematian. Bahkan metode itu tidak menghentikan perkembangan penyakit yang sudah parah.

Advertisement

Studi terhadap lebih dari 400 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit itu merupakan kemunduran terhadap penanganan pasien Covid-19. Padahal, Presiden AS Donald Trump pada Agustus 2020 menyebutnya sebagai "terobosan bersejarah".

Selain Amerika Serikat dan India, negara-negara lain termasuk Inggris sedang mengumpulkan plasma sumbangan sehingga dapat diluncurkan secara luas jika terbukti efektif. Simon Clarke, ahli mikrobiologi seluler di Universitas Reading mengatakan percobaan tersebut menunjukkan efek kecil terhadap kesembuhan pasien.

"Tetapi ini tidak cukup untuk meningkatkan pemulihan mereka dari penyakit. Secara sederhana, tidak ada manfaat klinis bagi pasien,"kata Clarke seperti dilansir dari Reuters pada Jumat (23/10).

Penelitian plasma darah tersebut melibatkan 464 orang dewasa dengan Covid-19 yang dirawat di rumah sakit di seluruh India antara April dan Juli 2020. Mereka secara acak dibagi menjadi dua kelompok.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement