Satgas: Berlibur di Rumah Jadi Pilihan Paling Aman Saat Pandemi Corona

Image title
24 Oktober 2020, 13:24
satgas covid-19, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Jumat (12/6/2020). Reisa mengimbau masyarakat berlibur di rumah selama libur panjang akhir Oktober 2020.

Pemerintah mewaspadai kenaikkan kasus Covid-19 setelah masa libur panjang akhir bulan ini. Pasalnya, masyarakat kerap menggunakan libur panjang untuk pergi ke tempat-tempat wisata di berbagai daerah. 

Hal itu justru berpotensi meningkatkan penularan virus corona. Oleh karena itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmoro menyarankan masyarakat untuk staycation (stay vacation) atau berlibur di rumah saja.

Advertisement

Reisa yang berprofesi sebagai dokter menyebut berlibur di rumah merupakan pilihan terbaik dan paling aman bagi masyarakat selama pandemi corona. Selain itu, berlibur di rumah bisa menjadi kesempatan untuk menjalankan protokol kesehatan keluarga yang telah disusun Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

"Rumah dibersihkan dan di-disinfeksi secara rutin. Pastikan peredaran udara segar dan lancar dengan membuka ventilasi atau jendela, biarkan sinar matahari masuk," kata Reisa dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Jumat (23/10).

Meski berlibur di rumah saja, Reisa menyebut banyak hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Seperti tur virtual ke tempat-tempat wisata seperti museum dan sejenisnya, menonton konser musik atau film secara daring, membuat permainan seru bersama anggota keluarga, atau berolahraga bersama.

"Misalnya, olahraga yoga, senam atau mempraktekkan tips stretching dan angkat beban," ujar Reisa.

Bila masyarakat memutuskan untuk berolahraga di luar rumah, dia meminta agar masyarakat melaksankan aktivitas dengan intensitas ringan dan tetap memakai masker serta menjaga jarak aman. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement