RSD Wisma Atlet Siap Tangani Lonjakan Pasien Corona Usai Libur Panjang

Image title
2 November 2020, 20:11
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran. Satgas Penanganan Covid-19 menyebut jumlah pasien terkonfirmasi virus corona di RSD Wisma Atlet terus menurun.

Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 memproyeksi kasus positif virus corona bisa meningkat akibat libur panjang pekan lalu. Meski begitu, RS Darurat Wisma Atlet siap menangani lonjakan kasus Covid-19.

Koordinator RSD Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Tugas Ratmono, mengatakan hingga saat ini belum ada dampak kenaikkan kasus Covid-19 akibat libur panjang. Meski begitu, pihaknya telah mengantisipasi kemungkinan peningkatan kasus.

"Dari sisi tingkat hunian dan tenaga kesehatan di RSD Wisma Atlet  siap jika tren kasus meningkat. Kami selalu waspada dan semoga tidak ada masalah setelah libur panjang," ujar Tugas dalam konferensi pers virtual pada Senin (2/11).

Lebih lanjut dia mengatakan jumlah tempat tidur di Tower 4 & 5 untuk isolasi mandiri mencapai lebih dari 2.000 tempat tidur. Sedangkan jumlah tempat tidur di Tower 6 & 7 untuk pasien gejala ringan dan sedang mencapai lebih dari 1.000 tempat tidur.

Adapun jumlah keterisian di Tower 4 & 5 sekitar 23% dan Tower 6 & 7 mencapai 36,3%. "Saya kira saat ini kita tidak merasa khawatir seperti September 2020, ketersediaan kamarnya cukup," ujar dia.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal Asosiasi Rumah Sakit Swasta Iing Ichsan Hanafi mengatakan penurunan kasus diharapkan tidak membuat masyarakat lengah. Dia berharap masyarakat tetap disiplin menjalankan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Pasalnya, sejumlah tes acak yang dilaksanakan Satgas Covid-19 di beberapa tempat wisata menunjukkan hasil reaktif. Sehingga masyarakat harus tetap waspada terhadap penularan Covid-19.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...