Satgas Minta Masyarakat Tes Covid-19 setelah Pulang dari Libur Panjang

Image title
3 November 2020, 18:04
satgas covid-19, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Pengunjung mendaftar untuk pemeriksaan tes cepat atau rapid test yang diadakan Dinas Kesehatan Kota Bogor di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Satgas Covid-19 meminta masyarakat yang kembali dari perjalanan libur panjang untuk tes usap atau tes cepat virus corona.

Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat yang kembali dari perjalanan libur panjang untuk tes cepat atau tes usap. Hal itu untuk mengantisipasi penularan virus corona. 

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan jika hasil tes menunjukkan positif Covid-19, masyarakat harus segera karantina di fasilitas yang telah ditetapkan pemerintah. Hal itu penting agar perawatan dapat berjalan efektif sehingga dapat mempercepat kesembuhan dan menekan angka kematian.

Satgas juga meminta masyarakat untuk betul-betul mendukung upaya 3T yaitu testing, testing, treatment. Caranya dengan bersikap terbuka kepada petugas pelacak. 

Menurut Wiku, keterbukaan masyarakat merupakan kunci utama dalam melacak penularan virus coroan. Hal itu juga untuk memastikan masyarakat memperoleh perawatan lebih dini dan lebih baik.

Lebih lanjut dia mengatakan libur panjang berpotensi meningkatkan kasus positif Covid-19. Hal itu berdasarkan tren kenaikan kasus positif setelah libur panjang yang terjadi pada Idul Fitri akhir Mei 2020 dan libur kemerdekaan RI pada Agustus 2020.

"Pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 telah mengadakan koordinasi baik sebelum maupun setelah libur panjang untuk mengantisipasi potensi kenaikan kasus positif, baik mulai dari pintu kedatangan maupun fasilitas kesehatan," ujar Wiku pada Selasa (3/11).

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...