Kepatuhan Pakai Masker dan Jaga Jarak Turun Selama libur Panjang

Image title
4 November 2020, 18:05
satgas covid-19, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, mal atau pusat perbelanjaan, pariwsata, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Siswowidodo/wsj.
Petugas menegur wisatawan yang tidak memakai masker di kawasan wisata Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur, Sabtu (31/10/2020). Satgas Penanganan Covid-19 menyebut tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan turun selama libur panjang.

Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan tingkat kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan cenderung turun selama libur panjang. Hal itu terlihat dari disiplin menggunakan masker dan menjaga jarak di tempat wisata, mal, dan restoran. 

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah  mengatakan ada 3 juta laporan yang diterima Satgas selama lima hari libur panjang pekan lalu. Sebanyak 1,02 juta laporan berasal dari 173 ribu titik tempat wisata yang tersebar di 34 provinsi. 

Advertisement

Angka tersebut menunjukkan kenaikkan 92% jumlah orang yang dipantau dibandingkan pekan sebelumnya yang mencapai 534 ribu orang. Dari hasil laporan tersebut terlihat tingkat kepatuhan memakai masker turun sekitar 3%. 

Pada hari pertama libur panjang, Rabu (28/10), tingkat kepatuhan menggunakan masker hampir 89%. Kemudian, pada Sabtu (31/10) turun menjadi 86%. 

"Trennya pada libur panjang sedikit turun, namun tingkat kepatuhannya masih cukup tinggi di kisaran 80%," ujar Dewi dalam siaran kanal Youtube BNPB Indonesia pada Rabu (4/11).

Tingkat kepatuhan untuk menjaga jarak di tempat wisata juga turun. Tingkat kepatuhannya anjlok 5% dari 83% menjadi 78%. Hal itu terjadi karena masyarakat kesulitan menjaga jarak di tempat wisata.

Dengan tingkat kepatuhan yang menurun, jumlah orang yang mendapat teguran akibat abai protokol kesehatan pun meningkat. Khusus di tempat wisata, jumlah orang yang ditegur naik dari 348.473 orang menjadi 602.372 orang.

Halaman:
Reporter: Febrina Ratna Iskana

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement