Satgas Cari Solusi Atasi Jumlah Tes yang Turun Tiap Akhir Pekan

Image title
5 November 2020, 19:35
satgas covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Petugas kesehatan memeriksa sampel tes usap PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang, Banten, Kamis (5/11/2020). Satgas menyebut jumlah tes Covid-19 selalu turun setiap akhir pekan karena keterbatasan laboratorium dan fasilitas pendukung yang beroperasi.

Satgas Penanganan Covid-19 tengah berupaya untuk meningkatkan jumlah tes spesimen. Namun, Satgas mendapat tantangan yang cukup besar.

Pasalnya, upaya tes selalu menurun di setiap akhir pekan atau libur panjang. Padahal tes Covid-19 merupakan satu-satunya upaya dalam  mendeteksi pasien yang terinfeksi virus corona. 

Advertisement

Salah satu alasan turunnya jumlah tes yaitu jumlah laboratorium dan fasilitas pendukung yang terbatas. Sedangkan jumlah masyarakat yang dites cukup banyak dan cakupan wilayahnya tersebar luas.

"Ini tantangan buat kami dan sedang kami coba selesaikan. Satgas terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan laboratorium dan fasilitas pendukung seperti reagen," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, pada Kamis (5/11).

Selain itu, Wiku meminta peran aktif masyarakat dalam upaya tes Covid-19. Dia mengimbau masyarakat yang mengalami gejala Covid-19 segera mengunjungi fasilitas kesehatan untuk melakukan tes. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement